Saturday, October 24, 2020

APA ITU TYPUS/TIPES DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA

 TYPUS

Penyakit Typus adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya bakteri yang menginfeksi bagian organ usus kecil.
Yaitu bakteri gram positif.
Namanya salmonella typy.

Terkenanya typus salah satunya penyebabnya adalah adanya bakteri yang ikut masuk bersama dengan makanan atau minuman yang kita makan.

Kenapa bakteri masih tetap bisa bertahan masuk kedalam pencernaan, padahal sudah ada sistem enzim yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang ikut dengan makanan yang kita makan?
Contohnya seperti air liur selain berfungsi untuk mengubah zat tertentu dari makanan yang kita makan menjadi zat yang lebih sederhana agar mudah diserap oleh tubuh.
Air liur juga berfungsi sebagai benteng pertahanan pertama dalam membunuh bakteri atau kuman yang masuk kedalam mulut.
Begitupun juga dengan asam lambung, yang salah satu fungsi nya adalah membunuh bakteri agar tidak masuk kedalam sistem pencernaan selanjutnya.

Memang ada beberapa bakteri yang tahan akan ketajaman asam lambung, salah satunya adalah bakteri salmonella typy, bakteri helicobacteri dan bakteri lainnya.
Ada beberapa gejala yang bisa timbul dari terinfeksi usus halus karena diakibatkan oleh bakteri salmonella typy.
Salah satunya adalah demam, badan terasa lemah, rasa sakit dan panasnya terkadang terasa hingga ke kepala.

Kenapa tubuh bisa terinfeksi oleh bakteri?
Salah satunya adalah karena imun tubuh yang melemah.
Imun tubuh melemah bisa disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dari makanan, bisa juga disebabkan karena faktor stress dari fikiran.
Ketika sudah terserang typus hal yang pertama dilakukan adalah perbanyak istirahat, biarkan sistem imun fokus bekerja untuk mengalah bakteri yang menginfeksi usus kecil.
Sedangkan untuk herbalnya bisa dengan konsumsi sari kurma, untuk memulihkan serta menguatkan energi tubuh.

Karena penyakit typus disebabkan oleh bakteri, maka herbal selanjutnya yang harus diberikan adalah herbal yang fungsinya untuk menaikan imun, serta yang berkhasiat sebagai anti bakteri.

Herbal yang bisa digunakan adalah seperti propolis, mengkudu, habbatusauda, dll.

Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri membuat tubuh itu menjadi demam, maka herbal yang berfungsi sebagai penurun panas pun bisa diberikan, contohnya seperti mengkudu juga habbatusauda.
Jaga pola makan untuk tidak makan jajanan yang sembarangan pun harus diusahakan, untuk menjaga tubuh terhindar dari penyakit typus.

Sekian, semoga bermanfaat.


 

No comments:

Post a Comment

Deals of the day

deals/hot-posts